Info terkini,Tutorial blogging,Download artikel,Template blogspot

Serba Gratis. Powered by Blogger.

KUMPULAN HADITS SHAHIH BUKHARI DAN MUSLIM

Bismillahirrohman nirrohim..
Alhamdulillahi washolatu wassalamu 'ala rosulillahi wa'ala alihi washohbihi ajma'in.

   Syukur Alhamdulillah, dalam kesempatan ini ijinkan saya untuk menyajikan "KUMPULAN HADITS SHAHIH BUKHARI DAN MUSLIM", untuk segenap pembaca ( Sohib ) semua, yang di petik dari dua buah karya Imam besar Bukhari dan Muslim yang masing-masing berjudul " AL-JAMIUSH SHAHIH ".
  Perlu diketahui bahwa kaum muslimin hendaknya mengetahui dan memahami dua buah karya besar tersebut untuk di jadikan pedoman tetap dalam kehidupan dunia dan akherat.Hadits-hadits Nabi tersebut di anjurkan untuk di amalkan dan di sebarkan /dakwahkan kembali kepada kaum muslimin. Sesuai hadits Nabi SAW bersabda:

" Ya Allah, berilah rahmat kepada khalifah-khalifah (pengganti) ku. Kami (Kata sahabat) bertanya : Ya Rosulallah, siapakah pengganti-penggantimu? Nabi menjawab : Merekalah yang meriwayatkan hadits-hadits ku serta di ajarkanya kepada manusaia yang lain. (HR. Thabrani ).

Dalam hadits yang lain desebutkan manfaat menyebarkan hadirs Nabi yang shahih seperti dalam sabdanya :

" Barangsiapa yang menghidupkan sunnah ( hadits)-ku, maka ia telah mencintaiku, dan barangsiapa mencintaiku maka ia akan bersama aku di syurga ". ( Al- Hadits )

    Dengan demikian agar setiap muslim dapat menyebarkan hadits-hadits Nabi dengan sekuat tenaga dengan niat yang tulus dan ikhlas untuk mencapai ganjaran yang besar dai Allah SWT. Amieeen...

Berikut adalah Daftar Isi dari Uraian di atas :

1. Kedudukan Hadits Shahih Bukhari
    Sebuah buku Hadits yang di nyatakan oleh para ulama' sebagai Hadits yang paling Shahih sesudah Al Quran adalah hadits Shahih Bukhari. Buku AL JAMIUSH SHAHIH ini sudah tidak bercampur keadaannya dengan Hadits-hadits yang lemah. Berarti menyebarluaskan Hadits Bukhari termasuk cara yang mulia dalam Islam dengan maksud untuk di amalkan.karena isisnya sudah tidak perlu lagi di ragukan.Diantara mereka yang mengakui keshahihan Hadits bukhari ini antara lain Prof. Dr. Husaini Abdul Majid Hasyim, seorang ulama besar dari Universitas Al-Azhar Kairo ( Mesir ) yang paling menonjol. hadits Bukhari adalah Hadits paling Shahih diantara yang lain. Dan para Ulama yang lain mengatakan " Kullu ma fil-Bukhari Shahih " artinya semua yang terdapat dalam hadits Bukhari adalah Shahih.
    Adapun Imam Bukhari ini nama aslinya ialah Abu Abdullah Muhammad bin Ismail, lahir pada tahun 809 masehi dan wafat tahun 869 M. Di lahirkan di Bukhara dan ayahnyapun ahli Hadits Pula. Beliau telah menghapalkan Hadits-hadits sejak usia 10 tahun dan telah pergi ke Mesir, Syam, Hijaz dan Irak dalam rangka menyelidiki hadits-hadits Nabi. Bukunya yang berjudul AL JAMIUSH SHAHIH yang terdiri dari 7397 hadits shahih itu telah di tulisnya selama 16 tahun.Dan apabila hadits tersebut jika di campur atau di tambahkan dengan yang di sebutnya dengan berulang-ulang maka hadits tersebut sebanyak 9082 buah Hadits.
2. Kedudukan hadits Shahih Muslim
    Hadits yang di riwayatkan oleh Imam muslim yaitu AL JAMIUSH SHAHIH telah menimbulkan perbedaan pendapat para ulama hadits tentang keistimewaan antara hadits Bukhari dan Muslim. tetapi kesimpulan akhir para Ulama yaitu ba, lahir hwa keduanya adalah hadits paling shahih setelah Al Quran.
    Imam Muslim nama lengkapnya adalah Abul Hasan Al Hujaj Al-Qusyairi, lahir di Nisabur ( Iran ) tahun 817 M.Wafat tahun 875 M. Imam Muslim telah keliling ke Irak, Hijaj, Syam dan mesir dlam rangka mempelajari Hadits-hadits Nabi, dan telah berhubungan dengan Ahmad bin Hanbal, Ishaq bin Rahawaih maupun dengan Imam Bukhari mengenai Hadits Nabi. Hadits Shahih Muslim terdiri dari 3030 hadits dan jika di ulang-ulang sebanyak 7275 Hadits.
3. BAB I - KEIMANAN
  - ENAM RUKUN IMAN atau klik disini
DSandaran haditsnya : " Keimanan itu ialah engkau akan percaya ( beriman ) pada allah, Malaikat-malaikat-Nya,Kitab-kitab suci-Nya, Rasul-rasul-Nya, Hari Akhirat, dan engkau akan percaya kepada Taqdir baik dan buruk dari pada-Nya ". ( HR. Muslim )
  - BEBERAPA MACAM KEIMANAN
      " Keimanan itu ialah engkau beriman ( percaya ) pada Allah, pada para Malaikat-Nya, Kitab Suci-Nya,hari pertemuan nanti dengan-Nya, juga percaya dengan para rasul-Nya, dan beriman dengan hari kebangkitan diakherat ". ( HR. Bukhari -- Muslim )

 - RUKUN ISLAM
      " Islam itu ialah engkau akan menyembah Allah, dan tidak menyekutukna-Nya,akan sesuatu, mendirikan
      Sholat, menunaikan zakat yang di wajibkan, berpuasa Romadhon dan berhaji ke Baetul haram ( Masjidil
      Haram dan sekitarnya )" . ( HR. Bukhari - Muslim )

 - SURAT NABI KEPADA RAJA HERCULES
      " Dengan nama Allah yang maha Pengasih dan penyayang. Dari Muhammad bin Abdullah ( hamba Allah)
      dan utusan Allah, kepada hercules pembesar ( raja ) Romawi. Selamatkanlah atas mereka yang       mengikuti petunjuk. Pertama kali seseungguhnya kami mengajak kepada ( tuan ) anda dengan seruan Islam : 
Masuk Islamlah tuan ( anda ) maka tuan akan selamat. Allah akan memberikan hganjaran pada tuan dua kali. Jika tuan menolak maka bagi tuan ( anda ) akan menerima dosa seperti para petani (maksudnya para pengikutnya ). Hai ahli kitab ( Yahudi dan Kristen ) marilah kita dalam kalimat yang satu, antara kami dan tuan,yaitu tidak menyembah kecuali kepada Allah. Dan jika tuan ( anda ) berpaling maka ucapkanlah penyaksian bahwa kami adalah orang-orang yang beragama Islam".
( HR. Bukhari - Muslim )

 - MENGHINDAR DARI PERKARA ( HUKUM YANG MERAGUKAN )
     "Barang ( perbuatan ) yang halal itu jeas, yang haram juga jelas, dan diantara keduanya ada perkara-perkara yang meragukan yang tidak diketahui oleh orang banyak. barangsiapa yang melanggar perkara yang meragukan ( Syubhat ), maka ia menyucikan diri untuk agamanya dan kehormatan dirinya. Dan barangsiapa yang berada dalam perkara yang meragukan maka ia telah jatuh kepada perkara yang haram. Sebagaimana seorang penggembala yang menggembala ternaknya pada tanah larangan, lalu hampir jatuhlah ia kedalamnya. Ketahuilah bahwa pada setiap penguasa ( raja ) ada beberapa hal yang dilarangnya. Ketahuilah larangan dari Allah di buminya adalah segala apayang diharamkan oleh-Nya. Ketahuilah bahwa dalam tubuh itu ada sepotong daging. Jika daging yang sepotong itu baik, maka akan baiklah tubuh itu seluruhnya dan jika buruk maka akan buruklah tubuh itu seluruhnya, ketahuilah bahwa hhal itu adalah Hati ( jiwa )". 
(HR. Bukhari - Muslim)

  - MENYINGKIRKAN DURI DI JALAN
     " Ketika seorang laki-laki berjalan di jalanan, ia mendapati ranting berduri di atas jalan itu, maka ia menyingkirkannya, lalu Allah berterimakasih ( memberi kebaikan ) dan mengampuninya". 
( HR. Bukhari - Muslim )

  - MENCAPAI MANISNYA IMAN
     " Tiga kelompok diantaramu yang akan mendapatkan manisnya keimanan :
        1. Dia yang menjadikan Allah dan Rasul-Nya untuk lebih dicintai daripada selain keduanya.
        2. Dia mencintai seseorang yang ia tidak mencintainya kecuali Allah.
        3. Dia membenci untuk kembali kepada kekafiran setelah Allah menyelematkan baginya, sebagaimana
            ia benci dilemparkan kedalam neraka.". ( HR. Bukahri - Muslim )

 - ORANG YANG LEMAH IMAN
      " Barangsiapa diantara kamu yang melihat kejelekan, maka rubahlah dengan tanganya. Maka jika tidak sanggup, rubahlah dengan perkataanya. dan jika tidak sanggup, maka rubahlah dengan hatinya, dan itulah yang paling lemah imannya". 
( HR. Bukhari - Mu slim )

 - BERPERANG DI JALAN ALLAH
     " Barangsiapa yang berperang untuk menjadikan kalimat Allah ( Syiar Islam ) menjadi tinggi kedudukanya, maka orang itu berada pada jalan Allah."
( HR. Bukhari - Muslim )

 - MEREKA YANG BERIMAN HARUS BERSATU
      " Orang mukmin yang satu dengan yang lain seperti sebuah bangunan yang menguatkan sebagian akan sebagiannya. " ( HR. Bukhari - Muslim )

 - MENCINTAI ALLAH DAN RASUL
      " Tidak beriman seorang diantaramu hingga aku lebih dicintai olehnya daripada anaknya dan orng tuanya serta manusia seluruhnya." ( HR. Bukhari - Muslim )

 - MENCINTAI TEMAN
      " Tidak beriman seorang diantaramu hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri ". ( HR. Bukhari - muslim )

  - TIDAK MENGUTUK ORANG
      " Bukankah orang mukmin orang yang selalu mencela mengutuk, berkata keji dan berkata kotor. " 
( HR. Bukhari - Muslim )


  - GUNANYA MEMBACA SHAHADAT

     " Barangsiapa bersaksi bahwa tiada Tuhan kecuali Allah Dan Nabi Muhammad utusan Allah, maka terlarang baginya oleh Allah masuk neraka". ( HR. Bukhari - Muslim)



  - NIAT YANG BAIK DI TULIS SATU KEBAIKAN

" Allah berfirman : jika bermaksud hamba-Ku dengan satu kebaikan dan tidak dikerjakannya, maka aku tetapkan baginya sebagai satu kebaikan. Dan jika dikerjakanya aku tulis ( tetapkan ) dengan sepuluh kebaikan hingga 700 kali. Dan jika bermaksud untuk melakukan keburukan dan tidak dikerjakanya maka aku tidak menetapkan baginya satu keburukan. Maka jika ia mengerjakan keburukan itu maka aku tetapkan baginya dengan satu keburukan. ( HR. Bukhari - Muslim )

  - MENCINTAI GOLONGAN ANSHAR ( MADINAH )
     " Tanda keimanan yaitu mencintai golongan Anshar ( yang membantu kaum muslimin di madinah ), dan tanda golongan Munafiq yaitu membenci golongan Anshar".
( HR. Bukhari - Muslim )














   
0 Komentar untuk "KUMPULAN HADITS SHAHIH BUKHARI DAN MUSLIM"

Testing ...

Back To Top